Apakah CRO atau bahasa Indonesianya Pengoptimalan Tingkat Konversi itu?
Rasio konversi adalah persentase pengunjung yang mengambil tindakan yang Anda inginkan pada halaman, apakah itu mengisi formulir pendaftaran, mengunduh ebook, atau melakukan pembelian.
Pengoptimalan tingkat konversi (CRO) adalah proses berdasarkan data untuk meningkatkan persentase pengunjung yang melakukan tindakan tertentu dan melakukan konversi. Pengoptimalan tingkat konversi dihitung dengan membagi jumlah orang yang berkonversi dengan jumlah orang yang diminta untuk melakukan tindakan.
Mengapa Pengoptimalan Tingkat Konversi Penting?
Pada dasarnya, ada dua cara untuk mengembangkan bisnis online: mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web dengan harapan dapat meningkatkan penjualan atau meningkatkan tingkat konversi dan mengubah lalu lintas saat ini menjadi pelanggan yang membayar. Menjalankan eksperimen yang ketat di situs web Anda dan memanfaatkan data tersebut untuk meningkatkan konversi adalah strategi yang jauh lebih murah dan efektif yang akan terus menghasilkan penjualan di masa mendatang. Mengoptimalkan tingkat konversi Anda juga berarti Anda mengurangi biaya untuk mendapatkan pengguna baru secara signifikan, yang secara positif berdampak pada keuntungan Anda dan meningkatkan ROI pada pengeluaran pemasaran Anda.
Khususnya di eCommerce, konversi terjadi pada setiap tahap perjalanan pembelian pelanggan, karena konversi bergantung pada tujuan yang dilayani oleh bagian tertentu dari situs web. Misalnya, pelanggan mengeklik melalui gambar produk adalah konversi karena mendorongnya ke corong dan lebih dekat untuk melakukan pembelian. Dengan menghilangkan hambatan dan mempersingkat dan memperlancar jalur konversi, Anda menciptakan lebih banyak peluang penjualan dan mempercepat proses penjualan.
Untuk memaksimalkan nilai lalu lintas yang sudah Anda miliki, Anda perlu terlibat dalam pengujian terus-menerus, eksperimen, dan melihat secara aktif serta menyempurnakan setiap aspek situs web eCommerce Anda untuk konversi yang lebih tinggi.
Bagaimana Mengoptimalkan Rasio Konversi?
Pengoptimalan tingkat konversi adalah proses panjang eksperimen cermat yang sering dilakukan melalui pengujian A / B. Langkah pertama sebelum Anda mulai menguji apa pun adalah memeriksa saluran penjualan situs web Anda dan mengidentifikasi titik gesekan yang dapat ditingkatkan untuk mencapai konversi yang lebih tinggi. Cara terbaik untuk mengumpulkan jenis data ini adalah dengan menyelami akun Google Analytics Anda dan mempelajari laporan konversi untuk melihat bagaimana orang-orang berpindah melalui situs Anda serta mengidentifikasi di mana mereka berpaling. Hotjar, yang memanfaatkan peta panas dan merekam tindakan pengguna di situs, adalah alat hebat lainnya untuk pengumpulan data.
Setelah mengolah data dan menentukan potensi masalah konversi, Anda kemudian melanjutkan untuk memutuskan pada aspek situs web apa Anda ingin menjalankan eksperimen. Ini akan bergantung pada sasaran konversi yang Anda optimalkan. Di Google Analytics, sasaran digunakan untuk mengukur bagaimana pengunjung menyelesaikan tugas tertentu dan menavigasi situs web. Contoh tujuan dapat berupa langganan buletin, pertanyaan langsung, pemesanan, atau pembelian. Semuanya bermuara pada metrik yang penting bagi bisnis Anda dan jalur konversi ideal yang Anda petakan untuk pengunjung Anda dari titik masuk hingga konversi akhir.
Konversi Situs Web
Dengan mengidentifikasi elemen spesifik yang ingin Anda uji (CTA, warna halaman, tata letak, salin, dll), audiens target (lalu lintas organik, pelanggan yang ada, prospek, dll.) Dan halaman tertentu di situs web Anda (beranda, halaman produk, arahan halaman, dll), Anda akan dapat merumuskan hipotesis dan membuat tujuan untuk setiap percobaan. Setelah semua ini selesai, Anda dapat melanjutkan ke pengujian A / B. Optimizely and vwo adalah beberapa alat pengujian A / B terbaik yang dapat Anda coba.
Untuk meningkatkan rasio konversi toko eCommerce, Anda perlu menganalisis hasil pengujian dan membuat perubahan berdasarkan jawaban yang Anda dapatkan.
Optimasi Tingkat Konversi secara Umum
Kelebihan dari pengoptimalan tingkat konversi adalah fokus untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengubah pengunjung yang ada menjadi pelanggan yang membayar, daripada mencoba mendapatkan pengunjung baru. Karena proses mengonversi pengunjung yang ada sudah pasti lebih hemat biaya daripada mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, pengoptimalan tingkat konversi memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda saat ini dengan mengarahkan anggaran Anda ke saluran yang mencapai hasil terbaik.
Artinya, Anda harus menghabiskan waktu untuk mengoptimalkan semua saluran (email, penelusuran berbayar, sosial) yang mengarahkan lalu lintas ke situs Anda untuk memastikan Anda menargetkan orang yang tepat dengan pesan yang tepat, jadi ketika mereka mendarat di situs Anda, probabilitas mereka terpental akibat penawaran yang menyesatkan atau ekspektasi yang tidak terpenuhi sangat rendah. Saluran yang berbeda membutuhkan teknik pengoptimalan yang berbeda, namun pengujian A / B adalah utas yang menelusuri semuanya. Anda dapat menguji semuanya mulai dari baris subjek buletin hingga salinan iklan Facebook hingga AdWords CTA.
Dengan wawasan perilaku pelanggan baru dan taktik pengoptimalan yang muncul setiap hari, pengoptimalan rasio konversi tidak pernah sepenuhnya selesai - ini adalah proses secara terus menerus yang harus Anda adopsi dan sering dilakukan.
Komentar
Posting Komentar