Langsung ke konten utama

CARA BUAT AKUN TIKTOK

  Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun TikTok: Unduh Aplikasi TikTok: Unduh aplikasi TikTok dari toko aplikasi resmi, baik itu Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Buka Aplikasi TikTok: Setelah mengunduh, buka aplikasi TikTok di perangkat Anda. Buat Akun: Pilih opsi "Sign Up" atau "Buat Akun" untuk membuat akun baru. Pilih Metode Pendaftaran: TikTok biasanya menyediakan opsi untuk mendaftar menggunakan nomor telepon, email, atau akun media sosial seperti Facebook atau Google. Pilih salah satu metode yang Anda pilih. Isi Informasi Akun: Isi informasi yang diminta, seperti nama pengguna, kata sandi, dan informasi profil lainnya. Pilih nama pengguna yang unik, karena tidak dapat diubah setelahnya. Verifikasi Identitas: TikTok mungkin meminta Anda untuk melakukan ve...

Pemasaran Digital Menjadi Sederhana: Panduan Pemula Lengkap

 


Pemasaran digital sangat penting.

 

Tanpanya, bisnis Anda akan menjadi hantu - tidak terlihat dan diabaikan.

 

Hantu yang melayang di sekitar situs web Anda yang sepi, saluran media sosial Anda yang tandus, dan rekening bank Anda yang kosong

 

Lebih buruk.

 

Internet adalah tempat yang ramai. Jika Anda tidak dapat membedakan bisnis Anda, mengatasi kebisingan, dan mendapatkan pelanggan, bisnis Anda tidak akan bertahan.

Artinya, jika Anda pernah berhasil melakukannya ...

 

Namun, apakah pemasaran digital Anda benar? Jika Anda memahami cara kerja pemasaran digital, dan Anda dapat memanfaatkan prinsip-prinsipnya yang telah terbukti?

 

Nah, maka Bantu bisnis Anda akan hidup kembali.

 

Anda akan dapat mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, mengubah orang-orang tersebut menjadi pelanggan, dan memasukkan uang ke rekening bank Anda.

 

Kedengarannya menarik?

 

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan ikhtisar menyeluruh tentang apa itu pemasaran digital dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

Jadi, mari kita masuk ke dalamnya.

Apa Sebenarnya Pemasaran Digital Itu?

Dalam hal ini, Wikipedia melakukan pekerjaan yang baik untuk menyimpulkannya:

 

"Pemasaran digital adalah pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di Internet, tetapi juga termasuk telepon seluler, iklan bergambar, dan media digital lainnya."

 

Jadi, ini berarti TV, radio, dan papan reklame elektronik di Times Square semuanya dihitung sebagai pemasaran digital.

 

Tapi… kita akan mengabaikan metode itu hari ini.

Mengapa?

 

Kekuatan Sejati Pemasaran Digital

Pertama, hambatan masuk rendah.

 

Biayanya banyak untuk menggunakan media tradisional. Tetapi banyak bentuk pemasaran digital - seperti pemasaran konten - tidak memerlukan biaya sama sekali.


 

Saat ini, yang Anda butuhkan untuk menjadi ahli pemasaran digital hanyalah komputer, koneksi internet, dan keinginan untuk belajar.

Dan mungkin banyak minuman energi.

Jadi, saat ini terdapat 4,05 miliar pengguna internet di seluruh dunia. Dan jumlah ini meningkat setiap hari. Terlebih lagi, 77 persen orang sekarang memiliki smartphone.

 Intinya?

Belum pernah sebelumnya dalam sejarah kita mampu menjangkau begitu banyak orang dengan begitu mudah.

Dan tidak seperti kebanyakan metode pemasaran tradisional, pemasaran digital memungkinkan pemasar mengukur aktivitas mereka secara akurat dalam waktu nyata.

Sebelumnya, sebuah produk mungkin memasang iklan yang mempromosikan peralatan olahraga di majalah pria, lalu menyilangkan jari.

 

Tapi, banyak hal telah berubah.

Karena untuk sebagian besar bisnis kecil, pemasaran online sejauh ini merupakan bagian terpenting dari pemasaran digital.

Sekarang, Anda dapat menggunakan media seperti iklan Facebook untuk menargetkan hanya pria berusia 22-25 tahun di wilayah metropolitan, yang memiliki minat yang kuat pada CrossFit, dan musik dansa.

 Kemudian, setiap tampilan dapat dilacak, seperti, komentar, dan klik. Selain itu,kita bahkan dapat menggunakan piksel pelacakan untuk melihat apa yang dilakukan orang setelah mereka mengklik sebuah iklan. Jadi, kita akan dapat mengetahui dengan tepat seberapa efektif iklan Anda.

 Coba cari tahu berapa banyak orang yang membalik halaman dan memperhatikan iklan majalah Anda - apalagi berapa banyak produk yang dijual iklan tersebut…

Sekarang, mari kita periksa gambaran besarnya.

Corong Pemasaran Digital

Strategi pemasaran digital didasarkan pada apa yang disebut 'marketing funnel'.

Idenya adalah menggunakan berbagai taktik untuk menghubungkan orang ke saluran. Kemudian, Anda bekerja untuk memindahkan mereka ke bawah hingga mereka menjadi pelanggan, dan kemudian mendukung, merek Anda.

Mari kita jalankan setiap tahapan.

 

Tahap 1: Eksposur

Di bagian pertama, kita perlu menarik perhatian orang.

 Ini dapat melibatkan penggunaan iklan bayar per klik, mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari, atau pemasaran media sosial.

Tahap 2: Penemuan

Setelah mengekspos prospek ke sebuah produk, mereka memasuki tahap penemuan.

 Pada titik ini, mereka mulai mengeksplorasi kebutuhan atau keinginan mereka, dan penawaran yang tersedia bagi mereka.

Tahap 3: Pertimbangan

Sekarang, orang-orang siap untuk membeli, tetapi mereka sedang mempertimbangkan opsinya. 

Mereka memutuskan apa yang akan dibeli, dan dari siapa akan membeli. 

Tahap 4: Konversi

Tahap konversi adalah saat pembeli melakukan beberapa jenis tindakan.

Ini bisa jadi mendaftar ke milis Anda, atau membeli produk Anda.

Tahap 5: Hubungan

Sekarang setelah mereka mengambil tindakan, tugas Anda adalah menegaskan kembali bahwa mereka telah membuat keputusan yang tepat.

Jika mereka mendaftar ke milis Anda, berikan mereka informasi yang berguna. Dan jika mereka membeli produk Anda, berikan pengalaman pelanggan yang positif.

 Tahap 6: Retensi dan Advokasi

Setelah  membangun hubungan, kita pasti ingin menjaga hubungan pelanggan untuk meningkatkan pembelian berulangatau repeat order 

Selain itu, kita akan berupaya mengubah pelanggan menjadi pendukung produk atau brand.

kita dapat melakukan ini dengan mendorong mereka untuk meninjau pembelian mereka atau membagikan konten Anda di media sosial.

Selanjutnya?

Pemasaran Digital Memiliki Dua Sisi: Masuk dan Keluar

Penting untuk memahami dua strategi menyeluruh yang digunakan dalam pemasaran digital:

Pemasaran masuk, juga dikenal sebagai pemasaran berbasis izin.

Pemasaran keluar, juga dikenal sebagai pemasaran berbasis interupsi.

Mari cari tahu lebih dalam 

 


Apa itu Pemasaran Digital Outbound?

Pemasaran keluar pada dasarnya hanyalah periklanan.

 Ini juga dikenal sebagai pemasaran berbasis interupsi karena konsumen jarang memilih untuk mencarinya.

Sebaliknya, idenya adalah untuk mempromosikan produk atau layanan di mana pun ada bola mata. Dengan harapan bahwa sebagian orang yang melihat promosi sebuah produk akan berubah menjadi pelanggan.

Biasanya kita harus membayar untuk mengakses media periklanan ini.

 Contoh pemasaran keluar meliputi:

Iklan bayar per klik di platform seperti Google dan Facebook.

Sebagian besar bentuk pemasaran tradisional: Iklan radio, majalah, dan TV, dll.

Sponsor acara dan baliho.

Direct mail (surat siput yang tidak diminta).

Email meledak ke orang-orang yang belum berlangganan milis Anda.


Apa Itu Pemasaran Digital Masuk?

Berikut ini definisi pemasaran masuk dari pemimpin industri Hubspot:

“Pemasaran masuk difokuskan pada menarik pelanggan melalui konten yang relevan dan bermanfaat serta menambahkan nilai di setiap tahap dalam perjalanan pembelian pelanggan Anda. Dengan pemasaran masuk, pelanggan potensial menemukan Anda melalui saluran seperti blog, mesin pencari, dan media sosial. "

 

Secara sederhana?

Pemasaran masuk adalah tentang membangun hubungan.

 

Zac Gregg dari Vital berbagi dua premis utama untuk pemasaran berbasis izin:

 “Pertama, berkomunikasi melalui media di mana audiens telah memberi izin untuk berkomunikasi.

Kedua, jawab pertanyaan yang diajukan orang-orang dan perbanyak jawaban tersebut di seluruh web untuk mengantisipasi pertanyaan tersebut. "

Pada dasarnya, berikan sebelum kita mendapatkan.


Untuk menempatkan pemasaran masuk ke dalam konteks, pikirkan Yellow Pages.

 Sebelum internet, Yellow Pages adalah salah satu dari sedikit tempat Anda dapat beriklan di mana orang-orang secara aktif mencari Anda, dan Anda tidak mengganggu mereka.

 

Contoh pemasaran masuk meliputi:

 

Mengoptimalkan situs web dan konten agar muncul di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Membuat dan berbagi konten berbasis nilai, seperti postingan blog, dan ebuku.

Pemasaran email tempat pelanggan secara sukarela memilih ikut serta.

Membangun komunitas di platform media sosial.

 

6 Saluran Pemasaran Digital Utama

Oke, setelah Anda memahami dasar-dasar pemasaran digital, mari kita lihat lebih dalam 6 saluran utama yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis.

- Periklanan PPC

- Email Pemasaran

- Pemasaran media sosial

- Pemasaran Influencer

- Optimisasi Mesin Pencari

- Pemasaran Konten



1. Iklan Bayar Per Klik (PPC)

PPC - terkadang disebut sebagai biaya per klik (BPK) - adalah alat yang ampuh.

 

Menurut Google, bisnis umumnya menghasilkan pendapatan rata-rata $ 2 untuk setiap $ 1 yang mereka belanjakan di AdWords.

 

PPC adalah metode periklanan online di mana pengiklan hanya ditagih ketika pengguna benar-benar mengklik iklan mereka.

Ini didasarkan pada sistem lelang otomatis.

Itu berarti pengiklan harus menawar pada istilah kata kunci yang mereka ingin 'picu', atau menampilkan iklan mereka.

Namun, tidak seperti kebanyakan bentuk periklanan, pengiklan tidak bisa begitu saja membayar lebih untuk membuat iklan mereka tampil lebih menonjol daripada iklan pesaing mereka.

Mengapa?

Karena sistem ini juga menentukan relevansi dan validitas iklan yang muncul di SERPs mereka.

Platform memprioritaskan minat penelusur daripada pengiklan. 

Ini adalah langkah cerdas yang memastikan platform adalah tempat tujuan bagi para pencari. Yang pada gilirannya, menjadikannya tempat tujuan bagi pengiklan.

Google dan Facebook bukan satu-satunya platform PPC.

Platform periklanan PPC populer lainnya termasuk Instagram, YouTube, LinkedIn, dan yang terbaru, Pinterest.



2. Pemasaran Email

Ini adalah proses pengiriman komunikasi pemasaran langsung kepada orang-orang melalui email.

Email sering kali kurang mendapat perhatian daripada metode yang lebih menarik, seperti media sosial dan pemasaran influencer. 

Dan tentu, orang dibanjiri dengan email. 

Faktanya, pengguna bisnis mengirim dan menerima rata-rata 121 email setiap hari.

Namun, jangan meremehkan kekuatan email.

Pemasaran email memiliki ROI rata-rata 122 persen. Ini empat kali lebih tinggi daripada format pemasaran lain seperti media sosial, surat langsung, dan penelusuran berbayar.

Sekarang, sebagian besar kampanye pemasaran email dimulai dengan magnet utama.

Ini biasanya berupa konten gratis, atau diskon yang dirancang untuk menarik orang agar berlangganan milis.

Kemudian, kita dapat membina pelanggan dengan konten, pengumuman, hadiah, dan diskon yang bermanfaat.

kita juga dapat meningkatkan penjualan dengan menggunakan segmentasi email. 

Ini adalah saatnya membuat grup pelanggan (disebut 'segmen') berdasarkan preferensi atau tahapan mereka di corong pemasaran.

Kemudian kita dapat membuat kampanye otomatis (disebut 'penjawab otomatis') yang secara khusus ditargetkan ke setiap segmen tersebut. 

Misalnya, mengelompokkan pelanggan yang meninggalkan keranjang mereka. Kemudian kirimkan autoresponder kepada orang-orang ini dalam upaya untuk membuat mereka menyelesaikan pembelian mereka.

Singkatnya?

Pemasaran email adalah strategi digital yang kuat yang dapat dimanfaatkan setiap bisnis untuk tumbuh.

Selanjutnya: 



3. Pemasaran Media Sosial

Ini adalah proses mendapatkan perhatian dan lalu lintas melalui saluran media sosial - dan 81 persen orang sekarang menggunakan media sosial.

Ingat, pemasaran media sosial masuk berfokus pada membangun komunitas.

Dan ada banyak cara untuk menggunakan media sosial untuk memasarkan bisnis Anda, termasuk:

Bangun komunitas di niche Anda.

Menarik dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Iklankan promosi atau produk.

Memberikan layanan pelanggan secara langsung.

Oke, selanjutnya di daftar metode pemasaran digital kami?



4. Pemasaran Influencer

Pertama, apa itu 'influencer'?

Sederhananya, influencer adalah siapa saja yang memiliki pengikut online yang relatif banyak. Ini termasuk: 

Selebriti arus utama seperti Ahsanty.

Selebritas khusus seperti chef Juna.

Otoritas industri terkemuka seperti Sandiaga Uno dalam pemasaran konten.

Youtuber dengan komunitas yang sangat besar, seperti Atta Halilintar.

Pemasaran influencer adalah proses bermitra dengan influencer utama di pasar. Tujuannya adalah menampilkan bisnis Anda di depan audiens mereka.

Misalnya, kampanye influencer Raffi Ahmad telah membantu melambungkan produk mereka menuju kesuksesan.

Produk tersebut menargetkan influencer di bidang seperti mode, fotografi, dan gaya hidup. Mereka juga memberi masing-masing influencer kode diskon 15 persen yang unik untuk ditawarkan kepada audiens mereka.

Plus, pemasaran influencer berkembang lebih cepat daripada iklan digital.

Jumlah postingan influencer di Instagram berlipat ganda pada tahun 2017, mencapai total lebih dari 1,5 juta.

Intinya? 

Metode pemasaran digital ini bisa sangat berguna untuk bisnis e-niaga.



5. Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Mesin telusur menggunakan sesuatu yang disebut 'bot perayap'.

Bot perayap ini merayapi web untuk membuat indeks konten yang tersedia secara online.

Lalu, ketika seseorang melakukan pencarian menggunakan kata kunci, mesin pencari akan melakukan yang terbaik untuk mengembalikan hasil yang paling berguna dan relevan.

Oke, tapi apa sebenarnya pengoptimalan mesin pencari itu?

SEO adalah proses memaksimalkan jumlah pengunjung ke situs web tertentu. Dan cara kami melakukannya adalah dengan membuat situs tersebut muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Misalnya Anda ingin situs web kayak Anda muncul di bagian atas hasil Google saat seseorang menelusuri 'perlengkapan kayak'. Proses yang akan Anda gunakan disebut SEO. 

Mengapa posisi teratas sangat dicari?

Karena Google menerima lebih dari 66.000 pencarian per detik pada hari tertentu.

Juga, ketika kita berbicara tentang SEO, kita biasanya berbicara tentang Google (kecuali jika Anda tinggal di China dan menggunakan mesin pencari Baidu).

Mengapa? 

Karena Google sejauh ini merupakan mesin pencari terpopuler di dunia, dengan pangsa pasar yang sangat besar yaitu 79,77 persen.

Sekarang, ada dua sisi dari koin SEO:

SEO di luar halaman

SEO pada halaman

SEO On-Page (SEO pada Halaman)

Ini adalah saat Anda mengoptimalkan konten situs web Anda untuk mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari untuk kata kunci yang relevan. 

Misalnya, Anda dapat mengoptimalkan setiap halaman web Anda untuk kata kunci atau frase tertentu - Saya telah mengoptimalkan entri blog yang Anda baca sekarang untuk kata kunci 'pemasaran digital'.

SEO di luar halaman (SEO Offpage)

SEO di luar halaman adalah ketika Anda mengoptimalkan visibilitas mesin pencari situs web Anda melalui metode di luar situs.

Ini dapat mencakup sinyal eksternal seperti kehadiran media sosial Anda.


Tapi, komponen terbesar dari SEO off-page adalah menghasilkan backlink. Saat situs web lain menautkan ke salah satu halaman web Anda.

 

Mesin pencari beralasan bahwa jika banyak situs web resmi lainnya menautkan ke sebuah halaman web, maka halaman tersebut harus menjadi sumber daya yang ingin ditemukan oleh pencari.

 

Untuk meringkas:

 

Gunakan teknik SEO untuk memindahkan situs web Anda ke atas SERP, dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik ke situs web Anda.

Video

Webinar

Podcast

Email

Wawancara

Pemasaran konten bekerja erat dengan SEO, karena ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat situs web Anda lebih tinggi di SERP.

 


6. Pemasaran Konten

Pemasaran konten adalah salah satu taktik utama dalam pemasaran masuk.

Plus, biayanya bisa 62 persen lebih murah daripada pemasaran tradisional dan menghasilkan 3 kali lebih banyak prospek.

Pertama, Anda perlu membuat, mendistribusikan, dan mempromosikan konten yang bermanfaat dan relevan. Konten ini dirancang untuk menarik, melibatkan, dan mengubah pasar sasaran Anda menjadi pelanggan.

Selain itu, ada berbagai bentuk konten yang dapat Anda buat, termasuk:

- Artikel Blog

- Ebooks

- Studi kasus

- Infografis

Di bawah, Moz menguraikan jenis konten yang paling cocok untuk setiap tahap saluran pemasaran digital.

Gunakan konten edukatif dan viral untuk secara tidak langsung memperoleh dan meningkatkan brand awareness.

- Posting blog

- Webinar

- Video

- Buletin email

Fase Pertimbangan: Gunakan studi kasus dan demo untuk secara langsung mendapatkan prospek.

- Studi kasus

- Konten petunjuk yang menampilkan produk Anda

- Video demo

- Deskripsi produk dan lembar data

Tahap Konversi: Gunakan deskripsi produk dan proposisi nilai untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.

- Testimonial

- Ulasan

Proses penjualan yang efisien, dapat dipahami, dan dapat dipercaya

Fase Retensi: Gunakan dukungan pelanggan, dan sumber daya tambahan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan transisikan mereka menjadi pendukung merek.

 

- Dukungan pelanggan dan dokumentasi bantuan

- Penawaran khusus

- Panduan orang dalam

- Penjangkauan dan tindak lanjut email

- Produk efektif UX

Tidak seperti metode seperti PPC yang dapat memberikan hasil langsung, pemasaran konten seringkali membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan hasil yang substansial.

Tapi, PPC berhenti menghasilkan pelanggan saat Anda berhenti beriklan.

Padahal, aset konten dapat terus mengarahkan lalu lintas, mengamankan prospek, dan menutup pelanggan dengan baik di masa mendatang.

Ringkasan

Pemasaran digital memerlukan banyak strategi dan taktik yang saling terkait.

Singkatnya:

Pahami bahwa kekuatan pemasaran digital terletak pada kemampuan untuk menargetkan, melacak, dan mengukur upaya Anda.

Pastikan untuk mempertimbangkan setiap tahap saluran pemasaran digital, untuk memindahkan orang dari prospek menjadi pendukung.

Coba gunakan perpaduan teknik pemasaran digital masuk dan keluar.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Jadi, sebaiknya fokuskan sumber daya yang terbatas untuk menguasai salah satu dari 6 metode pemasaran digital, sebagai permulaan. Lakukan selangkah demi selangkah dan manfaatkan pemasaran digital untuk menghidupkan bisnis.

 

Komentar