Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?
Search Engine Marketing (SEM) adalah istilah umum yang mengacu pada proses mengarahkan lalu lintas dan mendapatkan visibilitas dari mesin pencari melalui iklan berbayar (SEM) dan daftar organik gratis (SEO). Upaya SEM berbayar biasanya berupa iklan PPC (bayar per klik) dan BPK (biaya per klik).
Apa itu SERP?
SERP, singkatan dari search engine results page atau halaman hasil mesin pencari, adalah halaman yang disajikan kepada pengguna oleh mesin pencari sebagai tanggapan atas permintaan pencarian. Biasanya, SERP berisi dua jenis konten: organik (SEO) dan berbayar (SEM).
Mesin Pencari Paling Populer
Google. Mesin telusur terbesar di dunia dengan 77,82% pangsa pasar global, Google adalah pilihan utama pemasar untuk jangkauan berbayar dan organik. Google diperkirakan memiliki 1,6 miliar pengunjung unik bulanan di seluruh dunia.
Bing. Bing diperkirakan memiliki 400 juta pengunjung unik bulanan dan 7,96% dari pangsa pasar global. Bing sering menghasilkan saran pelengkapan otomatis dua kali lebih banyak daripada Google dan memiliki pencarian video yang bagus, oleh karena itu Iklan Bing juga merupakan opsi periklanan yang populer di kalangan pemasar.
Baidu. Baidu adalah mesin pencari paling populer di Tiongkok dengan lebih dari 80% pangsa pasar Tiongkok dan 6,37% pangsa pasar global.
Yandex. Yandex adalah mesin pencari terkemuka di Rusia dan negara-negara berbahasa Rusia lainnya (Belarusia, Ukraina, Kazakhstan) dengan sekitar 60% pangsa pasar.
Yahoo. Dengan perkiraan 300 juta pengunjung unik bulanan, Yahoo memiliki 6,58% pangsa pasar global dan sebagian besar bersaing dengan Bing. Perlu dicatat bahwa Verizon telah membeli Yahoo seharga $ 4,8 miliar dolar dan berencana untuk menggabungkannya dengan Aol, yang diperkirakan memiliki 125 juta pengunjung unik bulanan dan 0,13% dari pangsa pasar global.
Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang SEM?
Umumnya, para pemasar menggunakan campuran dari beberapa teknik pemasaran penelusuran berbayar dan organik yang berbeda untuk mengarahkan lalu lintas ke situs mereka.
Iklan berbayar meliputi:
- Iklan pencarian (Iklan, Iklan Bing)
- Iklan Cantuman Produk atau iklan Belanja
- Iklan Display & Banner
- Iklan seluler
- Iklan Media Sosial (Facebook, LinkedIn, Twitter, Instagram, Pinterest)
- Penargetan Ulang & Pemasaran Ulang
- Iklan dalam Aplikasi
SEO meliputi:
SEO pada halaman (pengoptimalan kata kunci, pembuatan konten, arsitektur informasi, tautan internal, UX, bukti sosial, integrasi media sosial, dll.)
SEO di luar halaman (pembuatan tautan, peta situs XML)
Semua permintaan pencarian dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama:
Informasi: memiliki niat komersial yang sangat rendah, pengguna mencari informasi lebih lanjut tentang topik tertentu;
Navigasi: pengguna mencoba menemukan situs web yang URL-nya tidak dapat mereka ingat lagi, atau tujuan navigasi yang serupa;
Transaksional: memiliki niat komersial yang tinggi, pengguna ingin melakukan pembelian. SERP transaksional biasanya adalah yang menampilkan iklan berbayar.
Jenis penelusuran juga dapat menunjukkan di mana dalam perjalanan pembeli pengguna berada, memungkinkan pemasar untuk menerapkan teknik pengoptimalan corong konversi yang tepat.
Pencarian organik sangat penting bagi pengecer online, karena banyak penelitian menunjukkan bahwa pencarian organik mendorong sekitar 50% lalu lintas situs web. Ketika datang ke pengoptimalan mesin pencari untuk eCommerce, pemasar menjadi terobsesi untuk menguji semua metode yang tersedia bagi mereka untuk mencoba dan mencapai peringkat yang lebih tinggi. Logikanya sangat sederhana: posisi yang lebih tinggi pada SERP secara otomatis menghasilkan tayangan yang lebih tinggi dan rasio klik-tayang yang jauh lebih baik. Semakin banyak orang yang mengunjungi toko Anda pada akhirnya akan menghasilkan konversi yang lebih baik dan pendapatan yang lebih tinggi.
Iklan penelusuran berbayar berfokus pada investasi pada jenis iklan yang tepat untuk mencapai posisi menonjol di laman hasil mesin telusur dan mengarahkan lalu lintas ke situs. Iklan penelusuran yang dioptimalkan dengan baik terkadang dapat mencapai posisi yang lebih tinggi daripada hasil penelusuran organik, sementara yang lain mungkin ditampilkan di sisi kanan halaman browser. Keberhasilan kampanye pencarian berbayar bergantung pada penargetan kata kunci yang tepat dan pemilihan saluran periklanan yang optimal.
Ada banyak alat pemasaran mesin telusur yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kampanye penelusuran berbayar dan organik.
Alat utama yang dibutuhkan :
Google Analytics
Google Search Console
Perencana Kata Kunci Google
Alat tambahan untuk membantu Anda mengoptimalkan SEO Anda:
Buka Penjelajah Situs
Lab Otoritas
AhRefs
Penjelajah Kata Kunci MOZ
SEMRush
Komentar
Posting Komentar