Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun TikTok: Unduh Aplikasi TikTok: Unduh aplikasi TikTok dari toko aplikasi resmi, baik itu Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Buka Aplikasi TikTok: Setelah mengunduh, buka aplikasi TikTok di perangkat Anda. Buat Akun: Pilih opsi "Sign Up" atau "Buat Akun" untuk membuat akun baru. Pilih Metode Pendaftaran: TikTok biasanya menyediakan opsi untuk mendaftar menggunakan nomor telepon, email, atau akun media sosial seperti Facebook atau Google. Pilih salah satu metode yang Anda pilih. Isi Informasi Akun: Isi informasi yang diminta, seperti nama pengguna, kata sandi, dan informasi profil lainnya. Pilih nama pengguna yang unik, karena tidak dapat diubah setelahnya. Verifikasi Identitas: TikTok mungkin meminta Anda untuk melakukan ve...
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan 4P Pemasaran
Apa itu 4P Pemasaran?
4P pemasaran adalah model untuk meningkatkan komponen "bauran pemasaran" Anda - cara Anda membawa produk atau layanan baru ke pasar. Ini membantu Anda menentukan opsi pemasaran dalam hal harga, produk, promosi, dan tempat sehingga penawaran Anda memenuhi kebutuhan atau permintaan pelanggan tertentu.
Apa itu pemasaran? Definisi yang dipelajari banyak pemasar saat mereka memulai industri adalah: meletakkan produk yang tepat di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, pada waktu yang tepat.
Itu mudah! Anda hanya perlu membuat produk yang diinginkan oleh sekelompok orang tertentu, menjualnya di beberapa tempat yang dikunjungi orang yang sama secara teratur, dan harga pada tingkat yang sesuai dengan nilai yang mereka rasakan dari produk tersebut; dan melakukan semua itu pada saat mereka ingin membeli. Maka Anda sudah membuatnya!
Ada banyak kebenaran dalam ide ini. Namun, banyak kerja keras yang harus dilakukan untuk mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan, dan mengidentifikasi di mana mereka berbelanja. Kemudian Anda perlu mencari cara untuk memproduksi barang dengan harga yang mewakili nilai bagi mereka, dan menyatukan semuanya pada waktu kritis.
Tetapi jika Anda hanya salah satu elemen, itu bisa berarti bencana. Anda bisa dibiarkan mempromosikan mobil dengan penghematan bahan bakar yang luar biasa di negara di mana bahan bakar sangat murah, atau menerbitkan buku teks setelah awal tahun ajaran baru, atau menjual barang dengan harga yang terlalu tinggi - atau terlalu rendah - untuk menarik perhatian orang yang Anda targetkan.
Bauran pemasaran adalah tempat yang baik untuk memulai ketika Anda memikirkan rencana Anda untuk suatu produk atau layanan, dan ini membantu Anda untuk menghindari kesalahan semacam ini. Dalam artikel ini dan dalam video, di bawah ini, kita akan menemukan lebih banyak tentang bauran pemasaran dan 4P, dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses.
Memahami Alat
Bauran pemasaran dan 4P pemasaran sering digunakan sebagai sinonim satu sama lain. Faktanya, keduanya belum tentu sama.
"Bauran pemasaran" adalah frasa umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis pilihan yang harus dibuat organisasi dalam keseluruhan proses membawa produk atau layanan ke pasar. 4P adalah satu cara - mungkin cara paling terkenal - untuk mendefinisikan bauran pemasaran, dan pertama kali diungkapkan pada tahun 1960 oleh E. J. McCarthy dalam bukunya, "Pemasaran Dasar - Pendekatan Manajerial."
4P tersebut adalah:
Produk (atau Layanan).
Tempat/Place
Harga/Place
Promosi.
Cara yang baik untuk memahami 4P adalah dengan pertanyaan-pertanyaan yang perlu Anda tanyakan untuk menentukan bauran pemasaran Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang akan membantu Anda memahami dan mendefinisikan masing-masing dari empat elemen:
Produk / Layanan
Apa yang diinginkan pelanggan dari produk / layanan? Kebutuhan apa yang terpenuhi?
Fitur apa yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan ini?
Apakah ada fitur yang Anda lewatkan?
Apakah Anda memasukkan fitur mahal yang tidak benar-benar digunakan pelanggan?
Bagaimana dan di mana pelanggan akan menggunakannya?
Seperti apa bentuknya? Bagaimana pelanggan mengalaminya?
Berapa ukuran, warna, dan sebagainya, haruskah itu?
Disebut apa itu?
Bagaimana mereknya?
Bagaimana cara membedakannya dengan pesaing Anda?
Berapa biayanya paling besar dan masih bisa dijual dengan cukup menguntungkan? (Lihat juga Harga, di bawah.)
Tempat
Di mana pembeli mencari produk atau layanan Anda?
Jika mereka mencari di toko, jenis apa? Butik spesialis atau di supermarket, atau keduanya? Atau online? Atau langsung, melalui katalog?
Bagaimana Anda bisa mengakses saluran distribusi yang benar?
Apakah Anda perlu menggunakan tenaga penjualan? Atau menghadiri pameran dagang? Atau buat pengiriman online? Atau mengirim sampel ke perusahaan katalog?
Apa yang dilakukan pesaing Anda, dan bagaimana Anda bisa belajar darinya dan / atau membedakannya?
Harga
Berapa nilai produk atau jasa bagi pembeli?
Apakah ada titik harga yang ditetapkan untuk produk atau layanan di area ini?
Apakah harga pelanggan sensitif? Akankah sedikit penurunan harga memberi Anda pangsa pasar ekstra? Atau akankah peningkatan kecil tidak terlihat, dan dengan demikian memberi Anda margin keuntungan tambahan?
Diskon apa yang harus ditawarkan untuk memperdagangkan pelanggan, atau ke segmen tertentu lainnya dari pasar Anda?
Bagaimana harga Anda dibandingkan dengan pesaing Anda?
Promosi
Di mana dan kapan Anda bisa menyampaikan pesan pemasaran ke pasar sasaran Anda?
Apakah Anda akan menjangkau audiens Anda dengan beriklan secara online, di pers, di TV, di radio, atau di papan iklan? Dengan menggunakan email pemasaran langsung? Melalui PR? Di internet?
Kapan waktu terbaik untuk berpromosi? Apakah ada musim di pasar? Apakah ada masalah lingkungan yang lebih luas yang menyarankan atau menentukan waktu peluncuran pasar Anda atau promosi berikutnya?
Bagaimana pesaing Anda melakukan promosi? Dan bagaimana hal itu memengaruhi pilihan aktivitas promosi Anda?
4P pemasaran hanyalah salah satu dari banyak daftar yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Dan, meskipun pertanyaan yang kami cantumkan di atas adalah kuncinya, itu hanyalah sebagian dari penyelidikan terperinci yang mungkin diperlukan untuk mengoptimalkan bauran pemasaran Anda.
Di antara model lain yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun adalah Boom dan 7P Bitner, kadang-kadang disebut bauran pemasaran yang diperluas, yang mencakup 4P pertama, ditambah orang, proses, dan keputusan tata letak fisik.
Pendekatan lain adalah 4C Lauterborn, yang menyajikan elemen bauran pemasaran dari perspektif pembeli, bukan dari sudut pandang penjual. Ini terdiri dari kebutuhan dan keinginan Pelanggan (setara dengan produk), Biaya (harga), Kenyamanan (tempat), dan Komunikasi (promosi). Pada artikel ini, kami fokus pada model 4P karena ini adalah model yang paling terkenal, dan berisi elemen inti dari bauran pemasaran yang baik.
Menggunakan 4P Pemasaran
Model tersebut dapat digunakan untuk membantu Anda memutuskan cara mengambil penawaran baru ke pasar. Ini juga dapat digunakan untuk menguji strategi pemasaran Anda yang ada. Apakah Anda sedang mempertimbangkan tawaran baru atau yang sudah ada, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membantu Anda menentukan dan meningkatkan bauran pemasaran Anda.
Mulailah dengan mengidentifikasi produk atau layanan yang ingin Anda analisis.
Sekarang lanjutkan dan jawab pertanyaan 4P - seperti yang dijelaskan secara rinci di atas.
Coba ajukan pertanyaan "mengapa" dan "bagaimana jika" juga, untuk menantang tawaran Anda. Misalnya, tanyakan mengapa audiens target Anda membutuhkan fitur tertentu. Bagaimana jika Anda menurunkan harga sebesar 5 persen? Bagaimana jika Anda menawarkan lebih banyak warna? Mengapa menjual melalui grosir daripada saluran langsung? Bagaimana jika Anda meningkatkan PR daripada mengandalkan iklan online?
Setelah Anda memiliki bauran pemasaran yang terdefinisi dengan baik, cobalah "menguji" penawaran keseluruhan dari perspektif pelanggan, dengan mengajukan pertanyaan yang berfokus pada pelanggan:
Apakah itu memenuhi kebutuhan mereka? (Produk.)
Akankah mereka menemukannya di tempat mereka berbelanja? (Tempat.)
Akankah mereka menganggap bahwa harganya menguntungkan? (Harga.)
Dan apakah komunikasi pemasaran akan menjangkau mereka? (Promosi.)
Terus ajukan pertanyaan dan buat perubahan pada bauran pemasaran Anda sampai Anda puas bahwa Anda telah mengoptimalkan bauran pemasaran Anda, mengingat informasi dan fakta serta angka yang Anda miliki.
Tinjau bauran pemasaran Anda secara teratur, karena beberapa elemen perlu diubah saat produk atau layanan dan pasarnya tumbuh, matang, dan beradaptasi dalam lingkungan persaingan yang selalu berubah.


Komentar
Posting Komentar