Waktu tunggu adalah salah satu metrik penting bagi para
marketers. Namun apa artinya dan perbedaannya, Kembali lagi pada anda, apakah
Anda sedang mempertimbangkan pencarian online atau iklan luar rumah (OOH). Anda
mungkin mengatakan bahwa waktu tunggu bahkan lebih penting bagi OOH karena
memiliki implikasi luas untuk perencanaan dan pelaksanaan kampanye.
Apa yang kita maksud dengan "Dwell Time"?
Dalam dunia online, waktu tunggu mengukur total menit (atau
detik) yang dihabiskan seseorang untuk memeriksa situs Anda setelah menemukan
Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Waktu diukur dari saat mereka
mengklik ke situs Anda hingga mereka keluar. Singkatnya berapa lama seseorang
menghabisakan waktu didalam situs tersebut.
Untuk pemasaran online, waktu tinggal membantu mengukur
relevansi dan kualitas konten situs web Anda. Semakin banyak waktu yang
dihabiskan pengunjung di situs Anda, semakin besar kemungkinan situs Anda tidak
hanya menarik perhatian tetapi juga layak dipertahankan. Waktu tinggal yang
singkat menunjukkan bahwa situs Anda tidak menawarkan apa yang diinginkan atau
diharapkan oleh pencari. Kembali lagi, semakin lama seseorang dalam sebuah
situs, semakin baik performanya.
Lain Halnya Untuk OOH, waktu tunggu adalah jumlah waktu
konsumen berada dalam jangkauan tampilan iklan Anda.
Itu bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis media OOH
yang Anda gunakan dan di mana. Misalnya:
Papan reklame pinggir jalan mungkin hanya memiliki waktu tunggu/tinggal
beberapa detik, tergantung pada lokasinya dan kecepatan lalu lintas yang lewat.
Di sisi lain, papan reklame yang terletak di persimpangan perkotaan dapat
memberikan waktu tinggal 15-20 detik jika lalu lintas lambat atau ditempatkan
di sebelah lampu lalu lintas.
Iklan halte bus atau stasiun kereta bawah tanah mungkin
memiliki waktu tunda selama 5-15 menit saat konsumen menunggu kendaraan mereka.
Layar digital di atas treadmill Anda di gym atau di restoran
mungkin terlihat lebih lama, sehingga pemirsa dapat melihat iklan Anda
berkali-kali.
Untuk OOH, waktu Tunggu/tinggal adalah faktor lokasi,
format, dan keadaan lalu lintas (kendaraan dan/atau pejalan kaki).
“Dwell Time” menginformasikan pengambilan keputusan
kampanye
Memahami Dwell Time dapat membantu Anda menargetkan lokasi
penempatan iklan yang paling efektif, memilih media yang paling sesuai, dan
mengembangkan konten yang paling efektif untuk setiap lokasi guna menghasilkan
ROI kampanye yang maksimal. Berikut rumus yang dapat Anda gunakan:
Dwell Time yang lebih lama memungkinkan Anda menceritakan
lebih banyak kisah Anda
Dengan lebih banyak waktu, pemirsa dapat melihat iklan Anda
untuk kedua atau ketiga kali atau, dalam pengaturan pejalan kaki, berhenti
untuk dengan sengaja melihat konten secara lebih menyeluruh. Semakin lama iklan
Anda terlihat, semakin besar kesempatan konsumen untuk melihatnya, memahami
sepenuhnya pesan Anda, dan bahkan mungkin terlibat dengan iklan itu sendiri.
Itu meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan mengambil
tindakan untuk mengunjungi situs Anda atau melakukan pembelian.
Namun, semua itu tidak berarti opsi OOH dengan dwell time
yang lebih pendek adalah pilihan yang buruk! Jika pesan Anda sederhana, Anda
tidak perlu banyak waktu untuk menyampaikannya.
Seberapa baik mereka dapat melihat iklan Anda?
Sebuah mobil atau bus mungkin menghabiskan waktu 10-12 detik
melewati papan reklame, tetapi pemandangannya bergerak sehingga detailnya lebih
sulit untuk dipahami. Selain itu, jarak pandang berubah dari jauh ke dekat saat
Anda melewati papan reklame, yang selanjutnya memengaruhi cara mencerna dari
pesan yang ditampilkan.
Jadi papan reklame berfungsi paling baik jika kontennya
singkat dan mudah dipahami dalam sekejap. Itu sebabnya mereka sangat bagus
untuk menyampaikan konsep sederhana seperti kesadaran merek atau produk.
Apakah mereka akan memperhatikan iklan Anda?
Menariknya, salah satu teknik untuk meningkatkan Dwell Time
terkait pencarian online juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas iklan
OOH. Menyematkan elemen multimedia seperti video, gambar, audio, dll. di situs
web Anda membuat halaman Anda lebih menarik dan lebih menarik daripada teks
biasa. Elemen ini juga dapat menciptakan minat pada materi iklan OOH.
Sekarang OOH telah menjadi digital hampir dalam segala hal,
penggunaan elemen multimedia yang cerdas dapat meningkatkan kemungkinan
konsumen yang berada di dekat iklan Anda akan dengan sengaja melihatnya dan
mungkin melihatnya lebih lama.




Komentar
Posting Komentar